RSS

Memory manajemen and memory leaks

11 Jul

Pengertian manajemen memory

Kalau kita dengar kata manajemen yang pertama kita pikirkan adalah pengaturan atau pengolahan sesuatu. Jadi manajemen sendiri adalah pengaturan sesuatu. Setelah itu apakah yang kita pikirkan tentang memory? Memory sendiri adalah suatu hardware yang berfungsi untuk melakukan penyimpanan terhadap suatu file atau yang lainnya. Memory sendiri banyak sekali mulai yang ada dalam komputer, HP dll.

Dalam pembahasan kali ini kita akan membahas tentang manajemen memory yang ada dalam komputer. Dari penjelasan kata memory dan manajemen diatas dapat kita simpulkan bahwa manajemen memory komputer adalah menyediakan alokasi memory pada suatu program aplikasi dan membebaskannya (memori) setelah aplikasi tersebut tidak digunakan lagi. Fungsi dari manajemen memori ini adalah mengatur dari aplikasi yang berjalan dan yang akan diproses dalam sebuah komputer. Lalu apakah yang terjadi apabila memori yang telah dipakai suatu proses aplikasi tadi tidak bisa kembali pada ukuran semula? Inilah yang disebut dengan memory leak atau kebocoran memory yang akan dibahas.

MEMORY LEAK

Manajemen memori mengatur berapa besar alokasi memori yang dibutuhkan oleh suatu aplikasi, terus apa yang terjadi apabila memori yang dialokasikan tadi tidak bisa dikembalikan seperti semula? Inilah yang dsebut dengan memori leak atau kebocoran memori.

Memory leak ini terjadi saat suatu program mengkonsumsi memori tetapi tidak bisa membebaskan kembali memori yang digunakan atau mengembalikannya lagi pada sistem operasi. Apa akibat yang timbul ketika memori terkena memori leak? Memori leak dapat mengurangi kinerja pada sebuah komputer dengan mengurangi jumlah memori yang tersedia.

Ada dua hal yang menyebabkan terjadinya memory leak, yang pertama adalah garbage dan yang kedua Preemtive Access. Berikut dibawah ini adalah penjelasan dari masing-masing :

1. Garbage

Dalam pemrograman sebuah aplikasi, garbage collector ini akan membebaskan memori yang sebelumnya teralokasi dari sebuah objek yang sudah tidak dipergunakan lagi. Tanpa Garbage collector, memori yang teralokasi pada sebuah memori akan semakin besar dan otomatis ini akan mempengaruhi kinerja dari sebuah komputer dan membuat aplikasi yang lain akan tidak bisa dijalankan karena memori yang terpakai akan semakin banyak.

2. Preemtive Access

 Penjadwalan Preemptive merupakan kemampuan sistem operasi untuk memberhentikan sementara proses yang sedang berjalan untuk memberi ruang kepada proses yang prioritasnya lebih tinggi. Penjadwalan ini bisa saja termasuk penjadwalan proses atau I/O. Penjadwalan Preemptive memungkinkan sistem untuk lebih bisa menjamin bahwa setiap proses mendapat sebuah slice waktu operasi. Penjadwalan Non Preemptive jenis penjadwalan dimana sistem operasi tidak pernah melakukan context switch dari proses yang sedang berjalan ke proses yang lain. Dengan kata lain, proses yang sedang berjalan tidak bisa di- interupt.

Iklan
 
2 Komentar

Ditulis oleh pada 11 Juli 2011 in Uncategorized

 

2 responses to “Memory manajemen and memory leaks

  1. Aqbar Bindoel Theswtmantetepstaycool

    20 Agustus 2011 at 11:04 am

    cara mengatasi memory leaks gmn ???
    laptop gw parah ne kk.,.,.,.
    kais solusina yah
    koment my fb
    tq tq

     
    • Muhamad Roni Firdaus

      23 Agustus 2011 at 8:43 pm

      Untuk mendeteksi dan mengatasi kebocoran memori menggunakan alokasi memori siklik. Alokasi memori siklik sendiri merupakan kemampuan untuk mengatasi kebocoran memori dengan menemukan batasan-batasan kebocoran memori tanpa memodifikasi program aplikasi. Alokasi siklik menghilangkan setiap memori kebocoran pada alokasi situs – jumlah memori yang diperlukan untuk menampung semua benda yang pernah dialokasikan di situs ini hanya kali ukuran objek.

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: